top of page
  • Writer's picturebolavita sate

Ciri-Ciri Sabung Ayam Birma Yang Asli Dari Negara Myanmar

Ayam birma atau ayam burma yaitu satu di antara tipe ayam aduan yg beberapa waktu terakhir ini saat populer, ayam itu maka primadona berapa pengagum ayam baik untuk kebutuhan adu ayam maupun cuman buat jadi koleksi atau ayam hias. Hal sejenis itu karna ayam birma miliki keunggulan yg tdk dipunyai oleh ayam aduan beda. Ayam birma miliki tipikal serta gaya tarung ciri-ciri, selain itu ayam itu gesit serta cepat waktu berlaga.


Ciri-Ciri Ayam Birma Yg Asli Dari Myanmar


Ada banyak beberapa ciri ayam birma yg asli dari myanmar yg menebar di dunia, baik yg asli maupun ayam birma hasil persilangan. Ayam birma gabungan (silangan) miliki ciri fisik yg hampir sama dengan ayam birma asli. Untuk memilah ayam birma asli atau gabungan dapat dilihat dari fisik dan gaya bertandingnya. Serta jadi cirikhas ayam burma asli yakni gaya tarung dari ayam itu yg sekarang ini maka satu di antara gaya berlaga yg banyak digemari bebotoh kini.


Bentuk Serta Ukuran Badan Kecil


Ayam birma miliki bentuk serta ukuran badan yg relatif kecil, lebih kurang pada 2 sapai 2, 5 kg. Itu sebabnya grup pengagum ayam aduan mengupayakan untuk menyilang ayam birma dengan ayam bangkok maupun ayam lokal. Untuk dapatkan ayam birma mutu super yg miliki badan kekar serta besar.


Muka Tajam Garis Lurus


Bentuk muka ayam birma tajam garis lurus, kelihatan seperti persilangan pada ayam bangkok serta ayam kampung. Bentuk telinga agak besar dengan paruh kebanyakan miliki ukuran lebih kecil dari ayam bangkok. Beberapa tipe ayam itu miliki jenggot di bagian bawah paruhnya.


Mata Melotot


Seandainya kita periksa lebih teliti, ayam birma miliki mata yg sedikit cembung, kelihatan seperti tengah melotot. Hal sejenis ini dapat yg buat jadi ayam birma kelihatan ganas, liar serta bringas. Bahkan lebih ganas dari ayam aduan beda seperti ayam thailand, ayam saigon maupun ayam bangkok.


Tulang Kaki Kecil Serta Tidak tebal


Segi tulangan dalam peraduan ayam yaitu segi butuh yg tdk dapat di pandang sebelah mata. Tulang kaki yg besar, kuat serta kuat yaitu sinyal tanda palinglah utama mutu ayam ini. Semakin tdk tidak tebal tulang ayam ini, maka akan juga semakin kuat dalam berlaga.


Warna Bulu Paduan


Ayam birma miliki bulu sayap tdk tidak tebal serta panjang. Itu mengindikasikan ayam birma miliki lebih jadi lebih banyak bulu ketimbang ayam bangkok. Seandainya dilihat dari warna bulunya, ayam birma miliki bulu dengan warna gabungan dari merah, abu-abu serta wido. Saat tidak sama dengan bulu ayam thailand yg berwarna kuning-merah, merah-hitam ataupun warna primer ayam thailand yg beda.


Bentuk Jengger Tegak


Ayam birma yg tetap masih asli miliki jengger tegak dengan bentuk menyerupai bantam ular atau seperti tanduk ular. Butuh untuk di ketahui bila ayam yg bagus miliki jengger yg kecil, mengindikasikan ayam ini miliki gaya berlaga yg gesit serta lincah.


Miliki Tanda Warna Putih Di Telinga


Ayam birma yg tetap masih asli miliki tanda warna putih di bagian telinga. Tanda itu perlihatkan bila ayam birma tetap masih termasuk juga tipe ayam liar. Biarpun ayam itu sudah banyak dikembang biakkan, tetapi ayam birma dari keturunan asli tetap masih ada tanda warna putih itu.


Ayam birma saat ahli dalam hindarkan serangan lawan. Gaya tarungnya yg ciri-ciri yakni teknik jam lari (kuda lari), dimana ia akan juga berlaga jaga jarak sambil lari memutar, sekian lawan dalam tempat ragu ia akan juga bergerak cepat menyerang dengan pukulannya yg mematikan. Terkadang dalam tarungnya akan juga dipertunjukan juga teknik ngolungnya yg mencengangkan. Tetapi begitu pula ayam itu miliki kekurangan apabila terkena pukulan keras dengan bertubi-tubi kesempatan akan juga lari karna ia miliki susunan tulang yg kecil di bagian badan serta punggungnya. http://www.sateayam.org/

78 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page